Faktor Yang Harus Diperhatikan Pada Saat Perencanaan Bangunan

Faktor Yang Harus Diperhatikan Pada Saat Perencanaan Bangunan

Arsitek Surabaya | Faktor-faktor yang mesti diacuhkan dalam perencanaan bangunan tersebut bermacam-macam, seluruh harus sebanding jika hendak mendapatkan desain bangunan terbaik. Contoh desain yang tidak seimbang contohnya bangun rumah estetis tapi strukturnya tidak powerful maka apalah dengan kata lain keindahan andai bangunan segera roboh sebab struktur tidak kuat

Ada pun yang bangunanya powerful dan estetis namun memerlukan ongkos besar yang seharusnya dapat dihemat, tersebut berarti desainya tidak memperhatikan hal ekonomis, ada pun bangunan yang indah, kuat, dan murah namun tidak sehat yakni ventilasi udara tidak bagus sehingga tidak cukup mendukung kesehatan serta kenyamanan penghuninya, nah.. berikut sejumlah faktor yang usahakan diseimbangkan.

Apa Faktor Yang Harus Diperhatikan Pada Saat Perencanaan Bangunan ?

  • Kekuatan / Strength, dibuka dari pondasi yang kuat menyangga beban diatasnya, sloof, kolom dan balok yang tahan terhadap berat sendiri bangunan, beban bergerak, beban angin, gempa dan yang lainya.
  • Stabilitas / Stability, bagaimana caranya supaya bangunan dapat tetap berada pada posisi yang direncanakan, tidak oleng atau bahkan roboh.
  • Estetika / Keindahan / Aesthetic, bila yang ini dapat dilakukan otak-atik guna mendapatkan desain terbaik, dengan membuat format tertentuk, memadukan warna, pemilihan material serta hal-hal beda yang dapat meningkatkan keindahan bangunan.
  • Ekonomis / Economic, faktor ongkos juga paling penting, tidak sedikit orang mengharapkan bangunan terbaik dan termegah namun ongkos yang terdapat terbatas, oleh karena tersebut desainya pun perlu dicocokkan dengan budget yang tersedia.
  • Ramah lingkungan / Green, contohnya tetap menjaga eksistensi pepohonan yang telah ada sebelum menegakkan bangunan, mengotimalkan penyinaran alami guna menghemat pemakaian energi listrik.
  • Kesehatan / Health, misalnya jarak septictank paling tidak 10 meter dari sumur bilamana menggunakan sumber air tanah, masing-masing ruangan dicoba ada jendela sebagai ventilasi udara bersih.
  • Kenyamanan / Comfort, ada tidak sedikit hal yang berhubungan kenyamanan laksana lebar dan tinggi anak tangga yang pas, posisi pintu kamar istirahat tidak langsung menghadap menghadap ruang tamu, dan yang lainya.

 

Dan itulah sejumlah hal yang butuh diseimbangkan dalam mendesain bangunan, ibarat menciptakan secangkir kopi, dosis gula, kopi dan airnya mesti diciptakan pas supaya rasanya nikmat, tidak pahit pun tidak terlampau manis .

Pastikanlah selalu memilih arsitek profesional yang berkualitas dan berpengalaman untuk merencanakan desain bangunan Anda demi keamanan, kenyamanan, dan kepuasan hingga peningkatan nilai investasi.

Arsitek Surabaya

jasa arsitek surabaya
Perumahan Taman Gunung Anyar Blok E-57 – Surabaya
Jawa Timur – Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *