Cara Memilih Bahan Bangunan Terbaik dan Berkualitas

Cara Memilih Bahan Bangunan Terbaik dan Berkualitas

Jasa Arsitek || Sebelum kamu hendak membina sebuah rumah, pasti terlebih dahulu kamu akan melakukan sekian banyak perencanaan. Salah satunya ialah dengan mempersiapkan bahan material bangunan yang hendak dipakai sebagai bahan dasar bangun rumah. Setiap orang termasuk kamu tentu mengharapkan bahan bangunan dengan kualitas tinggi. Agar bangunan yang nantinya didirikan bakal mempunyai kekuatan yang baik dan tahan lama. Syarat yang mesti dipenuhi supaya bangunan powerful dan tahan lama, memakai bahan material dasar berbobot | berbobot | berkualitas dan garansi mutu yang baik.

Dalam memilih bahan bangunan pasti ada trik eksklusif dan kiat tersendiri dalam mengerjakan hal tersebut. Terutama untuk orang-orang yang tak mempunyai pengetahuan yang lumayan dalam urusan bangun rumah, renovasi rumah, dan mengetahui kualitas material bangunan. Point-point inilah akan membicarakan seputar tips / trik / teknik mudah dalam menilai bahan material bangunan yang terbaik :

a. Semen


Secara umum produk semen yang terdapat di Indonesia mempunyai rata-rata kualitas yang sama. Hanya tidak banyak sekali yang mempunyai selisih kadar kualitas yang berneda. Karenanya betapa baiknya bila kamu memilih produk semen dengan harga yang relatif lebih murah dikomparasikan dengan produk lainnya. Mengingat seluruh kualitas semen yang terdapat di Indonesia mempunyai rata-rata kualitas yang sama laksana yang telah diterangkan sebelumnya. Di samping itu kamu juga butuh mempertimbangkan guna memilih produk semen yang sudah populer dan tidak sedikit digunakan oleh khalayak ramai.

b. Pasir


Pasir yang baik untuk dipakai sebagai bahan dasar bangun rumah ialah pasir yang tidak tercampur dengan lumpur. Dan ini umumnya didapatkan dari penambangan di gunung. Bukan diperoleh dari pantai ataupun sungai. Jika pasir tercampur dengan lumpur, maka akan menyebabkan pemborosan dalam pemakaian semen saat proses pengadukan bahan dasar bangunan. Semakin tidak sedikit kandungan lumpur yang tercampur dengan pasir, maka semakin boroslah gabungan semen yang nantinya bakal digunakan. Dalam memilih bahan material pasir, kamu usahakan memilih pasir dengan kualitas tinggi dengan kriteria laksana yang sudah dijelaskan. Meskipun lebih mahal, tetapi sebanding dengan kualitas bangunan yang nantinya bakal dihasilkan.

c. Besi Beton


Besi beton kuno dahulu digunakan tidak sedikit orang membina rumah memiliki kualitas serta bobot yang baik dikomparasikan dengan besi beton sekarang. Fakta itu tentu menciptakan harga besi kuno menjadi lebih mahal. Di samping dari hal kelangkaan dan permintaan yang lumayan tinggi dari bahan material tersebut. Sebaiknya kamu menggunakan besi beton kuno yang mempunyai kualitas lebih baik dikomparasikan besi beton kini ini. Meskipun relatif mahal, tetapi pertimbangan kualitas bobot harus menjadi prioritas utama dalam pekerjaan memilih bahan bangunan.

d. Batu Bata Merah


Batu bata merah ialah salah satu unsur urgen dalam melakukan kegiatan bangun rumah. Bahan material ini pun dinilai mempunyai struktur yang lebih kokoh dan kuat dikomparasikan dengan batako. Batu bata merah memiliki kelebihan dalam menyerap kalori (panas) dengan paling baik sampai-sampai suhu dalam lokasi tinggal akan terasa lebih segar. Batu bata merah yang baik ditunjukkan dengan tekstur yang keras, ukurannya yang sedang, dan tidak gampang retak / pecah.

e. Kayu


Unsur kayu pun masih menjadi sebuah bagian urgen dalam urusan bangun rumah. Dalam memilih material kayu yang baik usahakan kamu memilih kayu yang dioven dan memiliki kadar air dibawah kisaran 20 persen. Kriteria ini kayu ini dipilih supaya kayu tidak gampang lapuk saat digunakan.

f. Genteng


Waktu ini telah tidak sedikit bermunculan jenis atap dalam kegiatan bangun rumah. Akan namun atap yang memakai genteng tanah liat pun masih tidak sedikit digunakan. Genteng dapat menyerap panas matahari secara optimal. Hal ini tentu dominan pada kesejukan di dalam lokasi tinggal anda. kita perlu menciptakan kerangka kuda-kuda yang kuat supaya mampu menyangga genteng sebab bahan material ini memiliki mutu yang lumayan berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *